26 March 2019

Cerita Akhir UNBK 2018

Cerita Akhir UNBK 2018

Banyak siswa-siswi SMA yang mengeluhkan sulitnya mengerjakan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Curhatan itu ramai tersebar di media sosial.

Di antara komentar para siswa itu bahkan ada yang membandingkan antara sulitnya mengerjakan soal UNBK Matematika dengan game Mobile Legend hingga ada yang menyinggung untuk tinggal di negara Wakanda salah satu kota yang disebut di film Black Panther. Keluhan itu mereka sampaikan di kolom komentar instagram yang berkait dengan Kemendikbud seperti @kemdikbud.ri, dan @pustektekkom_kemdikbud.

Pindah ke wakanda saya pak biar gak ikut UN,” kata akun @ssyifasa.

Pak @kemendikbud.ri stelah UNBK kemarin saya merasa gelisah akan nilai saya. Bagaimana tidak capek” belajar kisi” keluarnya melenceng, tidur tak nyenyak, makan tak lahap karena khawatir hasilnya, jadi saya ragu untuk melanjutkan pendidikan. Terimakasih pak atas kesusahan yang bapak berikan untuk saya yang berakibat saya mungkin diceramahi orang tua saya, kiranya Tuhan memberkati bapak yang mempersulit hidup saya,” kata akun @vinxvin1.

Tak hanya itu ada juga yang malah termotivasi menjadi hacker atau peretas sistem komputer. “Inilah alasan gua belajar hacker dari sekarang, biar waktu gua UN nanti gua Hack komputernya!!!!” kata akun @andra_septiyan019.

Mereka juga mengutip salah satu ayat Alquran untuk menggambarkan kesulitan soal matematika maupun fisika tersebut. Banyak juga yang menyebut jika soal UN itu tak sesuai dengan kisi-kisi soal. Mayoritas mengaku putus asa ketika mengerjakan soal.

Bapak/ibu terimakasih mata pelajaran pilihanpun dikasih model SBMPTN. Setiap jawaban cuma dilalui dengan bismillah. “Barang siapa yang menyusahkan orang lain, maka kelak akan disusahkan pula dia diakhirat” kata akun @shelvy303.

Rupanya tak hanya soal matematika yang dikeluhkan para siswa. Mereka juga mengeluhkan sulitnya soal kimia dan fisika pada soal UNBK tersebut.

Sedih banget gitu, ujian pilihan malah bikin bunuh diri:( ini kimia doang yg melenceng atau semuanya sih pak,” kata akun @anisaspt28.

Pak soal kimianya gimana sih pak? masa suruh ngitung presentase pemutih, dikira saya buruh cuci rumah tangga kali ya? saya tadi njawab sambil prakter ngucek ngucek baju saya sendiri pak etdahh saking bingungnya,” ujar akun @iqbaalsaifullah.

Fisikanya mantap pak,, msa saya di sruh ngitung kec. Org salto dari perahu..wkwk.. gass gass gass.. GG pak,” tulis akun @febryrosano.

Pihak Kemdikbud sendiri mengaku telah menerima semua keluhan para siswa tersebut. Sambil mengunggah emotikon simbol ‘finger heart’ Kemdikbud mengatakan akan menyampaikan keluhan itu ke panitia UN Pusat.

Terima kasih kepada #SahabatDikbud yang sudah menyampaikan masukan, kritikan, dan saran atas soal UN Matematika jenjang SMA. Mohon maaf kami tidak bisa menjawab satu per satu. Tetapi semua ini akan kami sampaikan ke Panitia UN Pusat. Tetap semangat,ya!” tulis akun instagram @kemdikbud.ri.

 

Sumber artikel

banner 468x60

No Responses

Leave a Reply