24 May 2019

Teknik Menghafal Al-Qur’an

Teknik Menghafal Al-Qur’an

Berikut adalah salah satu cara yang dapat menjadi alternatif dalam usaha kita menghafal Al Qur’an. Ini merupakan tulisan dari Syekh Wahid Abdussalam Bali. Berikut pemaparannya:

Caranya sangat sederhana, bisakah anda sisihkan waktu anda 15 menit saja perhari? Yang saya mau, cukup 15 menit saja, 15 menit dari waktu anda setiap seharinya, 15 menit dari waktumu setiap hari. Dan insya Allah anda dapat menghapal Al-Quran dengan sempurna, saya berkata apa? SEMPURNA. Maaf , sebelum saya sampaikan kepada anda: Bagaimana cara menghapal Al-Quran? Simak dengan seksama kisah berikut ini:

Dilansir Muslimahzone. Di desa kami ada beberapa akhwat di mesjid (khusus wanita). Mereka mengumpulkan para wanita lansia (Lanjut Usia), umurnya sekitar 50 – 60 tahun yang tidak bisa baca dan tulis, hapalan mereka kisaran Al-Falaq dan An Nas, yakni beberapa surat saja, agar shalat mereka sah. Dan hapalan awal mereka surat Al Fatihah dan Al Mu’awwidzat, surah-surah pendek dan hapalan bertasyahud. Maka mulailah para ibu-ibu datang, lalu ukhti tadi membaca Al Fatihah, dan para ibu-ibu mengikuti bacaannya dengan diulang-ulang, sampai ibu-ibu tadi hapal Al Fatihah dengan baik, lalu Mu’awwidzat, lalu menghapal tasyahud lalu menghapal surah surah pendek dengan mengikuti guru berulang-ulang. Anda pun bisa melakukannya di rumah, ambil kaset suara Al-Hushyairy dalam kaset mushaf mu’allim, stel di tape, ketika Qori membaca, anda bisa mngikuti bacaannya, dan diulang-ulang. Dan sekarang ada program computer dalam bentuk CD namanya mushaf mu’allim, bacaannya dapat di ulang 9 kali dan anda terus ikuti bacaannya berulang ulang sampai hapal, ok…!

Akhwat tadi mereka tidak mempunyai computer, akhwat mulai membaca dan mengajarkan ibu-ibu tadi hanya sekali seminggu, khusus wanita, mereka menghapal surah-surah pendek. Akhwat tadi bertanya kepada ibu-ibu, “hapalannya di tambah ya…!!! ibu-ibu menyahut: Ya…!!! Tambahkan saja hapalannya!” hapalan mereka terus menerus bertambah, sehingga mereka hapal Jus ‘Amma seluruhnya, sehingga merasakan nikmatnya Iman dan lezatnya AlvQuran, mereka juga hapal Juz Tabarak. Mereka memulai Juz Tabarak, 5 ayat – 5 ayat atau 3 ayat – 3 ayat, dan hapal seluruhnya Juz Tabarak. Mereka juga hapal Juz Qad Sami’a. Lalu kami pun mengadakan perlombaan buat mereka dan mulailah para wanita ini menghapal Al-Quran. Anda tahukan??? Ibu ibu tadi tidak bisa baca dan tidak bisa tulis. Pemenang pertama kami beri hadiah. Berapa juz ia hapal??? Berapa Juz??? Berapa yang anda kira??? Dia hapal Al-Quran 28 Juz, ia berumur 62 tahun, Dia tidak bisa baca dan tidak bisa tulis. Ia menghapal dengan cara mendengar dari rekaman (kaset) dan dari guru perempuannya yang memudahkannya, dan hapal dengan baik.

Sumber artikel

banner 468x60

No Responses

Leave a Reply